-->

Ribuan Kader Posyandu se-Kota Ambon Ikuti Peningkatan Kapasitas


AMBON, LELEMUKU.COM - Ribuan Kader Posyandu se-Kota Ambon hadir dalam kegiatan peningkatan kapasitas yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Tim Penggerak (TP) PKK.

Kegiatan dalam upaya Penurunan Stunting Tahun 2023 ini digelar Senin (11/12/23) di Ballroom MCM, dan dibuka oleh Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena didampingi Pj. Ketua TP – PKK, Lisa Wattimena, serta turut menghadirkan Ketua TP – PKK Provinsi Maluku yang juga Duta Parenting (Perangi Stunting) Widya Pratiwi Murad sebagai motivator.

Pj. Wali Kota yang ditemui di sela – sela kegiatan mengakui bahwa ini merupakan kegiatan temu kader yang rutin dilaksanakan tiap tahun.

“Oleh Bappeda Litbang sebagai OPD yang mengkoordinir penurunan stunting, kegiatan ini mestinya terselenggara pada bulan Agustus, namun karena kita mengundang Duta Parenting Provinsi Maluku maka harus menyesuaikan jadwal dan baru bisa terlaksana saat ini,” kata Wattimena.

Dijelaskan, dengan adanya kegiatan ini, maka kader Posyandu di Kota Ambon dapat termotivasi untuk sama – sama bersinergi dan berkolaborasi dalam target nasional Penurunan Prevalensi Stunting menjadi 14 persen tahun 2024.

“Pemerintah Provinsi dan Kota Ambon juga harus berkontribusi dalam mencapai target nasional itu,” tambahnya.

Dirinya optimis dalam pencapaian target, sebab menurutnya OPD terkait di lingkup Pemkot bersama PKK, getol menyambangi Posyandu yang ada di Desa/Negeri dan Kelurahan, untuk meningkatkan jumlah kunjungan balita.

“Kita sementara bersinergi untuk penurunan stunting dapat mencapai target 14 persen, sehingga Pemkot bekerjasama dengan PKK, turun ke Posyandu – posyandu untuk tujuan itu,” tandasnya.

Sebelumnya, Pj. Ketua TP – PKK Lisa Wattimena dalam laporannya mengakui upaya penurunan Stunting telah dilakukan Pemkot salah satunya dengan berupaya  meningkatkan kunjungan balita ke Posyandu. Sebab semakin aktif kunjungan ke Posyandu maka semakin baik status gizi balita.

“Kerja keras tersebut membuahkan hasil dimana telah terjadi peningkatan jumlah kunjungan Posyandu dari 13.333 balita pada 2022 menjadi 17.200 balita pada 2023. Ini berdampak pada menurunnya prevalensi Stunting di Kota Ambon dari 3,59 persen menjadi 2,26 persen di tahun 2023,” pungkasnya.  (DiskominfoAmbon)

Recent Posts

recentposts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel