-->

Ekonomi Mengajar Jadi Advokasi Sosial Novita Pattipelohy Capai Pendidikan Berkualitas

Ekonomi Mengajar Jadi Advokasi Sosial Novita Pattipelohy Capai Pendidikan Berkualitas

JAKARTA, LELEMUKU.COM – Yayasan Puteri Indonesia mengumumkan Novita Everdina Permatasari Pattipelohy, S.M terpilih mewakili Provinsi Maluku di ajang kecantikan paling bergengsi di Indonesia, Pemilihan Puteri Indonesia Tahun 2024. 

“SELAMAT ATAS TERPILIHNYA PUTERI INDONESIA 2024. Succes on your journey, and witness eciting moments during the quarantine of puteri Indonesia 2024,” tulis akun resmi @oficialputeriindonesia pada Selasa, 16 Januari 2024. 

Melalui akun All About Pageants, @dpidamuofficial membagikan profil dan penjelasan mengenai advokasi dari Vita, panggilan akrab dari Novita lahir di Jakarta pada 11 November 1999 dan saat ini berusia 24 tahun. Vita baru saja terpilih sebagai Puteri Indonesia Maluku 2024 melalui audisi pusat di Graha Mustika Ratu, Jakarta beberapa waktu yang lalu. 

Vita memiliki Tinggi badan 170 cm dan berat badan 55 kg, selain bertugas sebagai Puteri Indonesia Maluku 2024, Vita juga merupakan Bachelor of Management dari kampus Universitas Diponegoro dan EF International Language Campus, New York (Business Major). 

Menariknya, Vita memiliki proyek atau advokasi sosial yang diberi nama ‘Ekonomi Mengajar’ Saat ini Vita juga sedang menjalakan sebuah bisnis yang bergegrak dibidang Hospitality Industry tepatnya Driving Range Golf and Bistro yang Bernama Hosel.idn.

Prestasi yang pernah diraih Vita

• Gold Medal for Sacra Category and Gold Medal for Mixed Category at Karangturi International Choir Competitions 2019

• 4th Place at Busan Choral Festival and Competition, South Korea 2019

• Gold Medal 2nd place for Mixed Choir Category, Gold Medal 2nd Place for Musica Sacra Category, Gold Medal 8th Place for Folklore Category, Gold Medal 3rd Place for Mixed Youth Category at Penabur International Festival Jakarta 2019

• Silver Medal at Festival Folklore Nusantara HIMPUNI, Jakarta,Indonesia 2018

• Champion Category Gold Medal A for Sacred Category, Grand Prix Finalist, Gold Medal A for Mixed Category, Gold Medal B for Folklore Category at Soegijapranata Choral Festival 2018

• As Speaker intimate sharing & golf session with Young Entrepreneurship at Hosel Yogyakarta 2023

• As Speaker "Penumbuhan Minat Wirausaha Muda Bagi Pemula" at RRI Yogyakarta 2023

• As part of KitaBisa Voluntrip program to provide education and clean up Bedog River with underprivileged children 2023

• As Project Director and officer Suistainable Development Goals and Rise department Junior Chamber International organization 2024

• As deputy treasure II Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Kota Yogyakarta) 2023

Tentang advokasi sosial ‘Ekonomi Mengajar’

Pendidikan adalah dasar untuk pengembangan individu, masyarakat, dan bangsa. Sebagai elemen kunci dalam upaya menciptakan perubahan positif, pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk karakter, mengembangkan potensi, dan meningkatkan standar hidup.

“Namun, sayangnya, kenyataan pendidikan di Indonesia, khususnya di Maluku, masih jauh dari harapan,” ujar Vita. 

Banyak anak dari keluarga berpenghasilan rendah tidak dapat melanjutkan pendidikan mereka sesuai dengan yang mereka inginkan, sementara fasilitas pendidikan seringkali jauh dari memadai. Hal ini menciptakan ketidaksetaraan dalam peluang belajar yang pada akhirnya memperkuat siklus kemiskinan.

“Adapun advokasi yang telah saya lakukan, dimulai dari kegiatan kolektif saya,” kata dia.

Vita menjelaskan Ekonomi Mengajar terbentuk karena dirinya berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNDIP yang tergerak untuk melakukan kegiatan sosial di luar kegiatan bisnis. Ia mengajar anak-anak dari latar belakang kurang beruntung, khususnya di Semarang dan sekitarnya. 

Selama mengajar, pihaknya menerapkan berbagai jenis pengembangan potensi untuk TK-SD karena pada usia tersebut sangat penting dalam membentuk karakter anak. Mengajarkan tidak hanya teori pembelajaran tetapi juga dengan membentuk kreativitas anak-anak melalui kegiatan di luar kelas. 

“Ini adalah hal yang ingin saya terapkan dalam kegiatan advokasi saya di Maluku. Karena saya merasa bahwa anak-anak di Maluku memiliki potensi besar jika dapat dikembangkan dengan baik dan benar,” ungkap Vita. (Laura Sobuber)


Recent Posts

recentposts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel