-->

Bodewin Wattimena Resmi Lantik Badan Saniri Negeri Rutong



AMBON, LELEMUKU.COM - Badan Saniri Negeri Rutong Kecamatan Leitimur Selatan (Leitisel) Masa Bakti 2023-2029 diresmikan oleh Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena.

Peresmian Saniri tersebut digelar Jumat (1/12/23) di Baileo Besar Negeri Rutong berdasarkan SK Wali Kota Nomor 1797/2023.

Wattimena dalam arahannya, menyampaikan tanggung jawab  untuk memajukan negeri tidak hanya dilakukan oleh Raja sebagai Kepala Pemerintahan Negeri tetapi juga Badan Saniri.

“Kenapa harus ada dua, karena ibarat dua sisi mata uang, raja dalam tugasnya sebagai kepala pemerintahan diawasi Saniri, tapi tugas kedua- duanya jelas untuk memajukan negeri,” ungkap Wattimena.

Dijelaskan, sebagai mitra yang setara dalam pemerintahan di negeri adat, Raja dan Saniri harus saling mendukung dan mengisi satu sama lain, dalam upaya merancang pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Untuk itu, diharapkan setelah peresmian ini apabila ada hal – hal yang tertunda, misalnya dalam hal perencanaan pembangunan Tahun 2024 dapat dibahas secara bersama.

“Saniri juga harus bermusyawarah memilih pengurus, ketua, wakil dan sekretaris sehingga dapat bekerja untuk kepentingan negeri, karena Saniri ini sudah sah secara adat dan secara pemerintahan,”ujarnya.

Menghadapi momentum Pemilu tahun 2024, Wattimena juga berpesan agar Saniri bersama Raja dapat menjaga stabilitas keamanan, ketertiban dan kekompakan diantara masyarakat.

“Ada banyak upaya kontestan untuk mendapatkan suara, tetapi jangan sampai membuat terpecah belah. Masyarakat negeri Rutong harus tetap menjaga kekompakan. Berbeda dalam pilihan politik itu hal biasa, tetapi ingat bahwa kita semua adalah orang basudara” bebernya

Kepada masyarakat, Wattimena berharap agar dapat mendukung Saniri Negeri yang baru dilantik. Masyarakat dapat memberi interupsi apabila ada hal – hal yang tidak benar dilakukan oleh Raja maupun Saniri, tetapi sifatnya harus membangun, bukan untuk merusak.

“Pemerintah Kota juga akan selalu mendukung Saniri yang merupakan perwakilan semua Soa di negeri Rutong, sehingga saya menyampaikan selamat kepada Saniri yang baru diresmikan hari ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Acara Persemian Saniri Negeri Rutong kemudian dilanjutkan dengan Program Wali Kota Jumpa Rakyat (WAJAR) dimana masyarakat negeri Rutong menyampaikan aspirasinya secara langsung kepada Pj. Wali Kota yang hadir didampingi para pimpinan OPD. (DiskominfoAmbon)

Recent Posts

recentposts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel