Petrus Fatlolon Nobatkan Noach Fanumbi Jadi Duta Tanimbar di Belanda

Petrus Fatlolon Nobatkan Noach Fanumbi Jadi Duta Tanimbar di BelandaSAUMLAKI, LELEMUKU.COM - Bupati Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, Petrus Fatlolon, SH., MH menobatkan warga Belanda keturunan Desa Olilit, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Noach Fanumbi sebagai Duta Tanimbar di Negeri Kincir Angin tersebut.

Menurut Bupati Fatlolon saat menjamu hangat noach bersama keluarga di kediaman bupati pada Rabu (26/07/2019). Fatlolon memberi apresiasi kepada remaja berusia 17 tahun yang merupakan keturunan ketiga dari kakek berdarah asli Tanimbar itu karena kecintaannya terhadap budaya dan bahasa asli Bumi Duan Lolat.

Fatlolon secara langsung meminta kesediaan dari Noach untuk mempromosikan daerah asal leluhurnya itu di Belanda, mulai dari keindahan alam hingga pada kekayaan adat dan budaya yang sangat dijunjung di daerah tersebut.
Petrus Fatlolon Nobatkan Noach Fanumbi Jadi Duta Tanimbar di Belanda
Setelah itu, putra terbaik  Desa Meyano itu pun mengajak para generasi muda Kepulauan Tanimbar untuk mencontohi semangat dari Noach yang begitu mencintai adat istiadat Tanimbar dan terus mempertahankannya walau menetap di Belanda.

Noach Fanumbi sendiri lahir dan dibesarkan di Belanda tetapi sangat fasih menggunakan bahasa daerah itu, yaitu Bahasa Yamdena dan Fordata. Selain itu, ia juga mampu melantunkan lagu-lagu daerah dan berpantun dalam istilah adat setempat yang disebut Foruk.

Noach mengaku jika dirinya belajar bahasa daerah Tanimbar dari kamus selama satu tahun dan aktif berbicara dengan keluarga Desa Olilit melalui saluran telepon dan berkesempatan kali pertama mengunjungi daerah yang berbatasan langsung dengan Australia itu. (Laura Sobuber)
Petrus Fatlolon Nobatkan Noach Fanumbi Jadi Duta Tanimbar di Belanda Petrus Fatlolon Nobatkan Noach Fanumbi Jadi Duta Tanimbar di Belanda Reviewed by Lelemuku Maluku on 22:36:00 Rating: 5

Info Terbaru

Loading...
Powered by Blogger.