-->

Edukasih Masyarakat, DPPKB Gelar Gelar Garpu Genting


AMBON, LELEMUKU.COM - Guna mengedukasi masyarakat terkait Stunting dan pencegahannya,  Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) melaksanakan kegiatan Gerakan Peduli Stunting (Garpu Genting) Tahun 2023

Kegiatan yang digelar Selasa (28/11/23) di Hotel Elisabeth, dibuka oleh Pj. Ketua Tim Penggerak (TP) PKK yang juga Mama Parenting Kota Ambon, Lisa Wattimena, yang dalam sambutannya, mengatakan persoalan Stunting telah menjadi agenda pembangunan Nasional dan Kota Ambon menjadi salah satu kota yang perlu adanya intervensi masalah Stunting.

“Olehnya itu, sesuai dengan strategi nasional dalam penanggulangan stunting, telah ditetapkan 5 (Lima) pilar pencegahan Stunting antara lain; komitmen dan visi kepemimpinan, Kampanye nasional dan komunikasi perubahan perilaku, Konvergensi, Koordinasi dan konsolidasi program pusat, daerah, dan desa, Ketahanan pangan dan gizi, dan pilar terakhir adalah Pemantauan dan evaluasi,” ujarnya.

Diakuinya, berbagai program terkait penurunan stunting yang selama ini dilaksanakan oleh pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sudah mulai menunjukan hasil yang positif. Namun kerja sama dan kolaborasi yang baik antar OPD maupun mitra kerja yang selama ini tetap setia dalam mendukung setiap program harus terus ditingkatkan.

Menurut Wattimena, agar memastikan seluruh program dapat terlaksana dengan baik,  perlu kolaborasi dan konvergensi program terkait dengan penurunan stunting.

“Ini menjadi kata kunci untuk memastikan seluruh program dapat terlaksana dengan baik atau masih ada yang bersifat apatis dan acuh tak acuh dalam penanganan masalah Stunting,” imbuhnya.

Ditandaskan, upaya yang dilakukan dalam penurunan stunting tidak lepas dari cita – cita bangsa Indonesia, menjadi bangsa yang maju dan modern di tahun 2045. Karenanya, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terus digalakkan, dalam menciptakan generasi muda bangsa yang cerdas, berkarakter, berkepribadian, serta menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) untuk dapat berasing secara global.

“Dalam momen kegiatan ini, mari kita semua satu tekad, satu hati, dan bertanggungjawab mewujudkan semua, guna mempercepat penurunan Stunting,” pungkas Wattimena.

Sementara itu, Kepada DPPKB Ambon, J.W Patty, dalam laporannya menyampaikan dalam kegiatan Garpu Genting 2023 ini juga diberikan bantuan kepada 121 anak usia bawah dua tahun (baduta) penderita Stunting, 121 Ibu Hamil dan 121 Ibu Menyusui dari 5 Kecamatan di Kota Ambon. (DiskominfoAmbon)

Recent Posts

recentposts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel