Raih Opini WTP, Kota Ambon Kembali Terima Penghargaan Dari Kemenkeu RI

AMBON, LELEMUKU.COM - Inilah berita terbaru dari Pemkot Ambon terkait Raih Opini WTP, Kota Ambon Kembali Terima Penghargaan Dari Kemenkeu RI. Selamat membaca.

Ambon,PPID – Kota Ambon yang pada bulan mei lalu ditetapkan sebagai salah satu Kota/Kabupaten peraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan daerah tahun 2018, Hari ini, Rabu (9/10/19), bertempat di Ballroom Swiss-belhotel, menerima penghargaan dimaksud dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Penghargaan tersebut diserahkan Plt. Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara Provinsi Maluku, Tri Budianto dan diterima oleh Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A.G. Latuheru.

Selain Kota Ambon, ada juga Kabupaten/Kota lain di Maluku yang meraih pengahargaan yang sama, antara lain Kota Tual, Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Buru, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Opini Wajar Tanpa Pengecualian adalah opini audit yang diterbitkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ketika laporan keuangan Pemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material.

Opini BPK ini merupakan pernyataan profesional auditor mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada 4 kriteria antara lain, kesesuaian dengan standar akutansi Pemerintah, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, konsisten pengendalian intern.

Dengan dicapainya opini WTP, menjadi sebuah langkah awal untuk memberikan pernyataan kepada publik mengenai kinerja keuangan Pemerintah agar kepercayaan publik terhadap kinerja Pemerintah dapat terus meningkat.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy dalam keterangannya kepada Tim Media Center mengatakan, ini merupakan tahun kedua Kota Ambon meraih opini WTP.

“Ini merupakan tahun kedua secara berturut-turut Kota Ambon meraih opini terbaik yang dikeluarkan Badan Pemeriksa Keuangan. Kita harus tetap konsisten dalam menjaga pengelolaan keuangan daerah,” kata Walikota.

Tak lupa Walikota menyampaikan terima kasih kepada BPK yang telah membina Pemkot dalam penataan laporan keuangan daerah.

Walikota menambahkan, dengan terjaganya sistem pengelolaan keuangan Kota Ambon dengan baik, tidak menutup kemungkinan Kota Ambon bisa meraih opini yang sama ditahun-tahun mendatang.(MCAMBON,MP)

Terima kasih karena telah membaca artikel berjudul Raih Opini WTP, Kota Ambon Kembali Terima Penghargaan Dari Kemenkeu RI. Silahkan bagikan informasi ini kepada rekan-rekan anda yang lainnya.
Raih Opini WTP, Kota Ambon Kembali Terima Penghargaan Dari Kemenkeu RI Raih Opini WTP, Kota Ambon Kembali Terima Penghargaan Dari Kemenkeu RI Reviewed by Lelemuku Maluku on 16:58:00 Rating: 5

Info Terbaru

Loading...
Powered by Blogger.