-->

Siswa di Tanimbar Antusias Lanjut Kuliah ke Universitas Padjadjaran Bandung

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Para siswa Kelas XII di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku sangat antusias untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas  Padjadjara (Unpad) Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Menurut Bella Shintya Kabalmay saat melakukan sosialisasi tentang Universitas yang menduduki urutan ke 3 paling banyak diminati pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Tahun  2018 setelah Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia itu.

“Mereka sangat antusias ingin mengetahui informasi lebih tentang Unpad,” ujar Mahasiswa Semester II Jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik Geologi itu kepada Lelemuku.com pada Selasa (29/1).

Dalam kegiatan ‘Padjadjaran Goes To School’ yaitu program pertama dari Paguyuban Salawaku, persatuan Mahasiswa Unpad asal Malulu itu Bella memperkenalkan dan membagikan informasi tentang Unpad, diantaranya sejarah, jalur masuk,  fakultas dan jurusan, jalur beasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Sosial Media.

Kemudian diikuti dengan fasilitas yang terdapat di kampus dengan Akreditasi A Terbaik itu, seperti asmara atau pemondokan, lap center, fasilitas kesehatan, Unpad Training Center (UTC), Perpustakaan Umum dan e-Learning atau akses internet serta menyaksikan bersama video profil dari Unpad.

“Padjadjaran Goes To School adalah kegiatan dari Paguyuban Maluku, itu kami punya perkumpulan mahasiswa Maluku di Unpad, namanya Paguyuban Salawaku yang baru dibentuk Desember 2018 lalu. Kebetulan program pertamanya ini. Kami mempromosikan Unpad juga untuk anak-anak Maluku agar punya motivasi juga untuk kuliah di universitas negeri khususnya yang Unpad,” jelas dia.

Putri dari Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kepulauan Tanimbar, Rosias Kabalmay lulusan Sekolah  Menengah Atas (SMA) Negeri Siwalima Ambon itu pun berharap para siswa kelas XII di Bumi Duan Lolat itu dapat membantu para siswa untuk mempersiapkan diri menuju ke Perguruan Tinggi dengan mencari kemudahan-kemudahan melalui beberapa beasiswa dari Pemerintah maupun swasta yang didukung dengan nilai yang baik.

“Jangan acuh tak acuh untuk masa depan kita sendiri, kita harus mempersiapkan diri dari sekarang, pasang strategi sendiri. Sarannya mereka harus lebih banyak cari referensi, khususnya beasiswa Afirmasi 3T karena Tanimbar masuk kategori daerah tertinggal, terdepan dan terluar.  Baiknya langsung ke dinas pendidikan untuk tanya waktu registrasinya,” harap mahasiswa yang pernah mewakili Provinsi Maluku di Forum Pelajar se-Indonesia ke 9 di Jakarta pada 2017 lalu itu. 

Beberapa sekolah yang menjadi tujuan bella menyampaian kegiatan Padjadjaran Goes To School adalah SMA Negeri 1 Tanimbar Selatan (Tansel) dan SMA Unggulan Saumlaki pada Selasa (29/1), diikuti SMA Budi Mulia pada Rabu (30/1) dan SMA Kristen Saumlaki pada Kamis (31/1). (Laura Sobuber)

Recent Posts

recentposts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel