Yasin Payapo Ajak Warga Seram Bagian Barat Semarakkan HUT RI ke 73

Yasin Payapo Ajak Warga Seram Bagian Barat Semarakkan HUT RI ke 73


Yasin Payapo Ajak Warga Seram Bagian Barat Semarakkan HUT RI ke 73

Posted: 12 Aug 2018 12:29 PM PDT

PIRU, LELEMUKU.COM – Menyongsong Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73 Tahun 2018, Bupati Yasin Payapo mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat untuk menyemarakkan peringatan dimaksud.

"Berdasarkan Surat edaran Menteri Sekretaris Negara No. B-486/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2018 tertanggal 11 Juli 2018 Perihal Partisipasi Masayarakat Menyemarakkan Bulan Kemerdekaan maka kami menghimbau seluruh masyarakat d Kabupaten Seram Bagian Barat untuk mengibarkan Bendera Merah Putih secara serentak mulai tanggal 1 Agustus 2018 sampai dengan 31 Agustus 2018 mulai pukul 06.00 WIT – 18.00 WIT didepan gedung kantor, rumah penduduk, rumah makan, toko, sekolah serta fasilitas sosial lainnya" ujar Bupati.

Selain itu masyarakat diharapkan dapat membersihkan lingkungannya masing-masing meliputi pembersihan pekarangan, selokan, perbaikan dan pengecetan pagar. Pemasangan umbul-umbul dan bendera hias di depan kantor, rumah, rumah makan, toko, serta fasilitas lainnya pun sudah harus dilakukan terhitung tanggal 1 Agustus 2018 sampai 31 Agustus 2018.

Bupati lebih lanjut menekankan pada penertiban hewan ternak sesuai Peraturan Bupati Nomor 03 Tahun 2015 tanggal 30 Maret 2015 tentang Penertiban Hewan Ternak, maka dihimbau kepada seluruh pemilik hewan peliharaan seperti sapi, kambing, dll agar dapat diikat atau dikandangkan. 

"Apabila himbauan ini tidak dilaksanakan atau tidak diindahkan, maka hewan peliharaan yang berkeliaran akan dikenakan tindakan tegas"  Tegas Bupati.

Seluruh masyarakat diharapkan berpartisipasi dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketenteraman masyarakat di lingkungan masing-masing. (DiskominfoSBB)

Yasin Payapo Buka Lomba Sepeda Santai Jelang HUT RI ke 73

Posted: 12 Aug 2018 10:12 AM PDT

Yasin Payapo Buka Lomba Sepeda Santai Jelang HUT RI ke 73PIRU, LELEMUKU.COM – Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Yasin Payapo setelah pelaksanaan apel pagi di halaman kantor Bupati dengan resmi membuka kegiatan lomba memperingati HUT Proklamasi ke 73 RI tahun 2018.

Dalam arahanx Bupati mengharapkan agar semua ASN dapat menumbuhkan, memperkuat semangat nasionalis, cinta tanah air sebagaimana yang dilakukan oleh para pahlawan yang telah berjuang guna kemerdekaan Bangsa Indonesia sampai titik darah penghabisan.

Lomba diawali dengan Lomba Sepeda santai untuk pejabat pada hari Sabtu 11 Agustus 2018 dengan rute start halaman kantor Bupati dan finish di Tugu Oma Opa. Dilanjutkan dengab Lomba Panjat Pinang bertempat di halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup  untuk kategori Umum,  siswa SD, SMP, SMA/SMK.

Lomba Gerak jalan santai untuk siswaSD,SMP,SMA/SMK yang akan dilaksanakan pada hari Senin 13 Agustus 2018 dengab rute start dari Kantor Kejaksaan  dan finish di Tugu Oma Opa. Pada hari yang sama juga dilaksanakan Lomba Lompat karung untuj siswa SMA/SMK  bertempat di halaman Lapangan tugu/Belakang kantor Bupati Lama.

Pada hari Selasa,14 Agustus 2018 dilaksanakan lomba jalan santai wajib untuk PNSdan terbuka untuk umum dengan rute satart depan kantor Bupati  dan finish di Tugu Oma Opa. Dilanjutkan dengab Lomba Poco-poco di jalan protokol Tugu oma opa. (DiskominfoSBB)

BPKAD Ambon Gelar Sosialisasi Pedoman Penyusunan APBD 2019

Posted: 12 Aug 2018 10:00 AM PDT

BPKAD Ambon Gelar Sosialisasi Pedoman Penyusunan APBD 2019AMBON, LELEMUKU.COM- Sebagai upaya memantapkan dan meningkatkan kualitas dan penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ambon menggelar sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 38 tahun 2018 di ruang rapat, Balaikota Ambon, Jumat (10/8).

Ketua Panitia, Ivana Tuhumena, dalam laporannya menjelaskan, sosialisasi bertujuan untuk menginformasikan tentang substansi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2019.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon, A.G. Latuheru menyebutkan, secara substansial dalam penyusunan APBD ini terdiri atas beberapa bagian. Salah satunya mensinkronkan kebijakan pemerintah pusat dan daerah untuk menyesuaikan atau menjaga konsistensi.

Sinkronisasi Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) provinsi berpedoman pada Rencana Kerja Pembangunan (RKP) pusat dan sinkron dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Pemerintah harus mendukung tercapainya 5 prioritas pembangunan nasional sesuai dengan kondisi keuangan masing-masing daerah mengingat keberhasilan pencapaian prioritas pembanguan nasional dimaksud, sangat bergantung pada sinkronisasi kebijakan antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten/Kota yang dituangkan dalam RKPD.

Lima prioritas pembangunan nasional tahun 2019 dimaksud meliputi; pertama, pembangunan manusia melalui pengurangan kemiskinan dan penetapan pelayanan dasar; kedua, pengurangan kesenjangan antara wilayah melalui penguatan kolektifitas dan kemaritiman; ketiga, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui pertanian, industri dan jasa produktif; keempat, pemanfaatan ketahanan, energi, pangan, sumber daya air melalui kelestarian lingkungan dan yang; kelima stabilitas keamanan nasional dan kesuksesan pemilu.

Perlu bagi pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam penyusunan RKPD tahun 2019 mempedomani peraturan menteri dalam negeri nomor 22 tahun 2018 tentang penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2019.

Sosialisasi diikuti oleh Kepala OPD dan para kasubbag serta staf perencanaan dalam lingkup Pemerintah Kota Ambon. (DiskominfoAmbon)

Syarif Hadler Tutup Spice Island Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2018

Posted: 12 Aug 2018 09:36 AM PDT

Syarif Hadler Tutup Spice Island Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2018AMBON, LELEMUKU.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar acara penutupan dan penyerahan trophy kepada para pemenang Spice Island Darwin Ambon Yacht Race (SIDAYR) 2018 yang berlangsung di Tirta Kencana Restaurant, Sabtu (11/8).

Acara penutupan dan penyerahan trophy dihadiri oleh Wakil Walikota (Wawali) Ambon,Syarif Hadler, Forkopimda Kota Ambon, Sekretaris Kota Ambon, A.G.Latuheru, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ambon, Debby Louhenapessy, Ketua Dharma Wanita Kota Ambon, C.Latuheru, Para Asisten serta Para Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Ambon.

Dalam sambutannya, Wawali mengakui, Lomba tahun ini mengalami penurunan jumlah peserta, namun demikian Wawali yakin lomba yang setiap tahun digelar ini akan mengalami peningkatan jumlah peserta yang signifikan pada tahun-tahun mendatang.

Dijelaskan, Trophy bukanlah yang terpenting dalam lomba ini, melainkan hubungan persaudaraan (Sister City) antara Ambon, Provinsi Maluku dan Darwin, Northern Territory, Australia yang terjaga dengan sangat baik.

Lomba Layar terbagi atas 3 divisi, yakni; Divisi IRC yang dimenangkan oleh Antipodes, Divisi Cruising Monohull diraih oleh, Juara 1 Natsumi, Juara 2 Collie, dan Juara 3 Wallop, sementara Divisi Cruising Multihull diraih oleh, Juara 1 Vitamin B, Juara 2 Blue Frog dan Juara 3 Ozzie Mozzie. (DiskominfoAmbon).

Satgas Yonif 711 Meriahkan Festival Budaya Islam Maluku 2018

Posted: 12 Aug 2018 09:19 AM PDT

Satgas Yonif 711 Meriahkan Festival Budaya Islam Maluku 2018 AMBON, LELEMUKU.COM - Festival Budaya Islam Maluku 2018 merupakan ajang tahunan yang sudah terlaksana yang ke 2 kalinya dalam penyelenggaraannya di tahun 2018 ini tempatnya 11 Agustus 2018 pukul 20.00 Wit di pelataran Masjid Raya Al-Fatah kota Ambon acara di buka oleh Ustadz Saiful Al Maskatie (pembina AYMC) dan ikuti 40 Tim peserta lomba marawis se provinsi Maluku, panitia mengangkat tema "Merawat Tradisi Dalam Regenerasi Khasnah Budaya Islam di Maluku" tema ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan/ilmu kepada generasi muda tentang budaya islam di Maluku.

Dalam acara pengumuman hasil lomba dari pihak panitian Festival meminta ke Dansatgas Yonif 711/Raksatama dalam hal ini Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos. yang sementara BKO di Maluku untuk menampilkan Tim Marawis Satgas Yonif 711/Raksatama untuk lebih meriahkan acara Festival Budaya Islam Maluku 2018.

Pada penampilan Tim Hadro Marawis tersebut dibawah langsung oleh Dansatgas Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos. sempat hadir pada acara tersebut antara lain Ustad R.R. Hasanusi (Imam besar masjid Al Fatah), pembina AYMC (Ambones youth Moeslem Comunity) Ustadz Khaerudin Talaohu, Ustadz Saiful Al Maskatie dan Ustadz Hadi Basalamah sebagai ketua dewan juri.

Menurut Ustad Khaerudin Talaohu sebagai pembina AYMC "Hadirnya Tim Marawis Satgas Yonif 711/Raksatama dalam acara ini sangat menghibur masyarakat, dibuktikan dengan antusias masyarakat yang begitu tinggi dalam menyaksikan penampilan Tim Hadro Marawisq 711/Raksatama, mereka terkagum-kagum karena baru kali ini menyaksikan Prajurit TNI tampil dalam membawakan alat musik dan lagu Islami dimana selama ini mereka mengetahui kalau TNI hanya bisa perang dan pegang senjata namun selain keahlian mereka itu juga mahir dalam bidang seni alat musik agamais."

Ustad Khaerudin Talaohu juga menyampaikan kekagumannya kepada Tim Marawis Satgas Yonif 711/Rks karena merupakan satu-satunya Tim Marawis di Maluku yang personelnya anggota TNI.

Ketika ditanya Ustad Khaerudin Talaohu apa yang mendasari di bentuknya Tim Marawis Yonif 711/Rks. Menurut Komandan Satgas Yonif 711/Raksatama Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos. "Memang kesenian marawis sangat jarang di kalangan militer, tim Marawis sengaja di bawa ke Maluku untuk menampilkan sesuatu yang baru untuk Masyarakat Maluku yaitu berdakwah melalui kesenian Marawis ini, Kami berharap Marawis Yonif 711/Rks dapat di terima dan memberi dampak yang positif bagi Satgas Yonif 711/Raksatama pada khususnya dan masyarakat Maluku pada umumnya."

Pada penampilan perdananya di Kota Ambon Tim Hadroh marawis Yonif 711/Rks mendapat sambutan dan apresiasi dari masyarakat kota Ambon, bahkan ada yang ikut bernyanyi dan menari sambil bertepuk tangan.

Acara di tutup dengan pemberian hadiah kepada pemenang lomba, Komandan Satgas Letkol Inf Fanny Pantouw, S.Sos. di berikan kehormatan untuk memberikan hadiah kepada Juara 1 lomba Hadrah tingkat provinsi Maluku yang pemenangnya dari Negeri Tulehu. (Penrem151)

SMA Kristen Saumlaki Ikut Lomba Musikalisasi Puisi se Maluku

Posted: 12 Aug 2018 05:00 AM PDT

SMA Kristen Saumlaki Ikut Lomba Musikalisasi Puisi se MalukuAMBON, LELEMUKU.COM – Sekolah Menengah Kristen (SMA) Kristen Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku mengikuti Lomba Musikalisasi Puisi se Provinsi Maluku Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Kantor Bahasa Maluku.

"SMA Kristen Saumlaki menjadi salah satu peserta lomba musikalisasi puisi SMA SMK se provinsi Maluku yang diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi Maluku," ujar Kepala Sekolah (Kepsek) SMA (Sekolah Menengah Atas) Kristen Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Andarias Batlayar, S.Pd., M.Si melalui pesan singkat kepada Lelemuku.com, pada Kamis (9/8).

Ia mengatakan ke lima siswa-siswi perwakilan dari Kepulauan Tanimbar itu siap menampilkan yang terbaik pada lomba yang diadakan di Taman Budaya, Karang Panjang, Kota Ambon tersebut.

"SMA Kristen siap pentas di Taman Budaya Ambon," kata Batlayar.

Sebelumnya melalui akun Facebook Kantor Bahasa Maluku mengumumkan nama-nama 29 peserta, dimana terdiri dari 19 tim kategori siswa dan 10 tim kategori umum yang dinyatakan lolos untuk mengikuti babak penyisihan di Gedung Teater Taman Budaya Maluku, pada Jumat (10/8) hingga Sabtu (11/8).

Berikut nama-nama peserta dalam lomba tersebut, kategori siswa diikuti oleh SMA Negeri 3 Ambon, AMA Negeri 5 Ambon, SMA Negeri 4 Ambon, SMA Negeri 6 Leihitu, SMA Negeri 2 Kairatu, SMA Kristen Saumlaki, SMA Negeri 4 Kairatu, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Ambon, SMA Negeri 1 Tual, SMA Negeri 1 Leihitu.

Kemudian, SMA Negeri 1 Seram Utara, SMA Kristen YPKPM Ambon, SMK Negeri 5 Ambon, SMA Negeri 2 Kei Kecil, SMK 7 Ambon, SMA Negeri 1 Saparua, SMA Negeri 2 Salahatu, SMA Negeri 1 Seram Barat dan SMA Negeri 1 Kairatu.

Sedangkan untuk kategori umum diikuti oleh Sanggar Cakadidi, Ancol, Ikatan Pelajar Tanah Hitumesing, Hikayat Tanah Hitu, Komunitas Concern, Beta Tim, Rumah Pintar Haturessy, Komunitas Batu Karang, Anailo Arika dan Ancraft. (Laura Sobuber)
Yasin Payapo Ajak Warga Seram Bagian Barat Semarakkan HUT RI ke 73 Yasin Payapo Ajak Warga Seram Bagian Barat Semarakkan HUT RI ke 73 Reviewed by Redaksional on 18:30:00 Rating: 5

Info Terbaru

Loading...
Powered by Blogger.