Taman Kota Saumlaki Jadi Jiwa Baru Pariwisata di Tanimbar

Taman Kota Saumlaki Jadi Jiwa Baru Pariwisata di Tanimbar


Taman Kota Saumlaki Jadi Jiwa Baru Pariwisata di Tanimbar

Posted: 08 May 2018 01:17 AM PDT

SAUMLAKI, LELEMUKU.COM – Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Provinsi Maluku, Ir. Mynrik Barlolona, MT mengatakan taman Kota Saumlaki adalah jiwa baru dari upaya peningkatan pariwisata di Kepulauan Tanimbar. 

"Taman kota itu menjadi jiwa dari pariwisata, karena disana orang bisa melakukan banyak aktifitas. Biasa orang lebih senang untuk mengisi waktu luang saat berlibur di satu kawasan tertentu," kata dia saat diwawancarai Lelemuku.com di ruang kerjanya, pada Kamis (04/05).

Taman kota itu sangat baik, ini merupakan sarana hiburan yang sangat penting di suatu wilayah karena taman kota merupakan tempat dimana orang bisa  datang untuk melakukan berbagai aktifitas.

Hal ini dapat dilihat langsung di Taman Kota Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel) walaupun baru satu bagian saja yang dikembangkan dari taman tersebut tetapi antusias masyarakat begitu besar. 

Masyarakat Tanimbar membutuhkan tempat rekreasi dan taman ini, menjadi lokasi rekreasi warga MTB untuk hanya sekedar menghilangkan penat bersama keluarga atau pasangan muda-mudi.

"Setelah taman dibuka luar biasa antusias masyarakat, walau baru satu bagian yang dikembangakan masih ada beberapa bagian lagi," ungkap Barlolona.

Ia menjelaskan kedepannya pihaknya bersama dinas-dinas teknis lainnya akan mengatur kawasan tersebut agar semakin baik dan menarik dari sisi kenyamanan dan keamanan dengan adanya jajanan kuliner, tempat bermain anak, tempat olahraga, stadium mini atau panggung hiburan.

"Ada pula aktifitas seni disana, taman kota sebagai panggung seni yang merupakan konsep pariwisata. Kami berharap suatu saat taman itu akan menjadi objek dan kawasan wisata atau destinasi wisata," jelas dia.

Taman kota Saumlaki sendiri akan dibagi menjadi 5 blok. Diantaranya blok A yang sudah rampung, sebagai lokasi pentas seni. Blok B akan dibangun 2 buah lapangan dan tribun yaitu lapangan bola voli dan lapangan bola basket, blok ini fungsinya ganda. 

Kemudian blok C akan dibangun tempat untuk kuliner dan juga ada tempat bermain anak-anak, blok D akan dibangun taman baca dan blok E adalah blok yang terakhir, yang ditengah taman yaitu tugu Bung Karno. 

Untuk tugu Bung Karno sendiri akan direnovasi, karena akan terlihat terlalu kecil jika dibandingkan setekah dibenahi semua. Tugu tersebut akan dinaikan bangunannya dan patungnya akan digantikan dengan yang lebih besar dan yang terbuat dari bahan perunggu.

Direncanakan, di tahun 2018 ini akan dilakukan pembangunan blok B dan C serta pembenahan blok A. Setelah itu, di tahun 2019 pembangunan pada blog D dan pembenahan pagar serta di tahun 2020 pembenahan blok yang terakhir, Blog E. (Eva Bembuain)

Kelurahan Saumlaki Lakukan Gerakan Kebersihan Lingkungan

Posted: 07 May 2018 11:28 PM PDT

Kelurahan Saumlaki Lakukan Gerakan Kebersihan LingkunganSAUMLAKI, ELLEMUKU.COM – Kelurahan Saumlaki, Kecamatan Tanimbar Selatan (Tansel), Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku melakukan Gerakan Kebersihan Lingkungan pada hari Jumat setiap minggu berjalan.

Menurut Lurah Kelurahan Saumlaki, Ratunleal Sairdekut, SE, pihaknya sedang membuat gerakan kebersihan lingkungan dengan nama gerekan" Kelurahan Saumlaki Harus Bersih" yang melibatkan seluruh masyarakat di 32 Rukun Tetangga (RT) dari 8 Rukun Warga (RW) yang ada di wilayah kelurahannya.

"Gerakan ini melibatkan semua RT di setiap lingkungan. Kami juga sudah instruksikan  ke semua RT bahwa harus melibatkan seluruh masyarakat untuk pembersihan lingkungan tempat tinggal masing-masing, supaya jangan terlihat kotor," jelas Sairdekut kepada Lelemuku.com, pada Senin (07/05).

Ia mengatakan hal ini dilakukan karena Kota Saumlaki merupakan Ibu Kota Kabupaten MTB yang merupakan pintu masuk para tamu yang ingin mengunjungi Kepulauan Tanimbar, sehingga pihaknya ingin menampilkan kesan Tanimbar yang yang bersih dan sehat seiring dengan Visi Misi Pemerintah Daerah (Pemda) MTB "Sehat, Cerdas, Berwibawa dan Mandiri".

"Saumlaki inikan Ibu Kota kabupaten, jadi yang kami lihat pertama adalah kebersihan lingkungannya. Sehingga tamu-tamu yang datang dapat melihat bahwa MTB itu bersih bukan melihat kotoran dimana-mana," kata Lurah Saumlaki.

Sebelumnya gerakan ini berjalan, pihaknya terlebih dahulu menggelar rapat bersama para ketua RT dan RW serta didampingi oleh Camat Tanimbar Selatan, B. Samangun, SH. Dalam rapat itu diputuskan kerja lingkungan bersih perdana dilakukan di RW 1 pada Jumat (04/05) lalu.

Masyarakat sangat antusias dalam mendukung gerakan tersebut serta berterima kasih dengan ikut berpartisipasi aktif membersihkan lingkungan masing-masing. Selain bersih-bersih pihaknya juga memberikan pemahaman tentang kebersihan lingkungan yaitu jangan membuang sampah sembarangan.

"Mereka sangat berterima kasih atas kegiatan ini," ungkap Sairdekut.

Ia menambahkan gerakan ini akan dilakukan secara bergilir di setiap RT yang ada di Kecamatan Tansel dan menghimbau kepada seluruh masyarakat agar bisa terlibat bersama-sama, saling mendukung demi Kota Saumlaki yang bersih, indah dan sehat.

"Jadi pasti kami akan turun ke seluruh RT dan RW nanti. Masyarakat sudah tahu karena rapat perdana kan mereka ada juga," tutup Lurah Kelurahan Saumlaki ini. (Aksamina Masela)

Per Mei 2018 Kepesertaan BPJS Kesehatan MTB Capai 100.529 Jiwa

Posted: 07 May 2018 12:17 PM PDT

Per Mei 2018 Kepesertaan BPJS MTB Capai 100.529 JiwaSAUMLAKI, LELEMUKU.COM –  Kepesertaan Kartu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), Provinsi Maluku capai 100.529 jiwa per tanggal 1 bulan Mei 2018.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) MTB, dr. Juliana Chatrina Ratuanak, per tanggal 1 Mei 2018 ada penambahan kepesertaan dari Jamkesda Provinsi sebanyak 2.000 jiwa dan Jamkesda Kabupaten MTB sebanyak 1.188 jiwa, sehingga total kepesertaan BPJS mencapai 100.529 jiwa atau 86,5 % dari 116.255 jumlah jiwa penduduk masyarakat Kepulauan Tanimbar. Sementara kalau dilihat dari target Universal Health Coverage (UHC), yaitu 95% dari jumlah penduduk artinya masih tinggal 9.913 jiwa lagi yang belum teregistrasi.

"Kepesertaan BPJS per tanggal 1 Mei adalah 100.529 jiwa atau 86,5 persen. Sebelumnya di bulan April posisi kepesertaan adalah 97.341 jiwa atau sekitar 83,7 persen dari jumlah penduduk MTB 116.255 jiwa," jelas dr. Juliana kepada awak media di ruang kerjanya, pada Senin (30/04) lalu.

Ia mengatakan pihaknya masih terus mendata sekitar 15.726 jiwa lagi dari total penduduk yang belum berkartu dan pihaknya juga akan bekerjasama dengan para pemilik usaha agar tenaga kerja beserta keluarganya bisa terdaftar. Begitu pula tenaga kontrak daerah bersama keluarganya yang masih belum berkartu Kartu Indonesia Sehat (KIS) agar bisa terdata juga.

"Semoga kalau bisa berjalan dengan baik, bisa terdata semua di akhir tahun ini semua masyarakat MTB memiliki kartu untuk mengakses pelayanan kesehatan  bila sakit," kata Juliana. 

Ia mengungkapkan Konsistennya untuk bekerja dengan komitmen yang tinggi agar semua masyarakat Bumi Duan Lolat dapat memiliki akses kesehatan dengan mudah sesuai dengan Visi Misi Pemerintah daerah (Pemda) MTB "Sehat, Cerdas, Berwibawa dan Mandiri".

"Proses itu adalah sesuatu yang tidak mudah dan bagaimana kita konsekuen dan konsisten untuk terus dengan komitmen yang tinggi melakukan, saya percaya semua pasti bisa berjalan dengan baik," ungkap Dr Juliana Ratuanak. (Laura Sobuber)

Negeri Hitu dan Wakal Sukseskan Kamtibmas Jelang Ramadhan dan Pilkada

Posted: 07 May 2018 11:16 AM PDT

Negeri Hitu dan Wakal Sukseskan Kamtibmas Jelang Ramadhan dan PilkadaAMBON, LELEMUKU.COM - Menjelang datang nya bulan suci Ramadhan dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) masyarakat dari Negeri Hitu dan Negeri Wakal Kabupaten Maluku Tengah melakukan pertemuan dengan tema Bersinergi menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang Aman, damai dan kondusif serta menangkal isu Sara dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan Pilkada serentak 2018 di Aula Kantor Polres Pulau Ambon dan P.p Jl. Dr. Latumenten, No. 10, Kel Waihaong, Kecamatan, Nusaniwe, Kota Ambon, Senin (07/05).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Maluku Tengah, Marlattu Leleurry mengungkapkan apresiasi atas deklarasi damai tersebut.

"Dengan adanya Mediasi deklarasi damai antara kedua desa ini sangat bagus dan baik sehingga saya sangat berterima kasih kepada Dandim 1504/Ambon dan Kapolres Pulau Ambon yang telah menggelar mediasi deklarasi damai," ujar dia.

Sementara itu Dandim Ambo, Letkon Fendri Novyanto Raminta mengharapkan dengan tibanya bulan suci ramadhan mari kita sama-sama saling memaafkan hilangkan rasa dendam antara sesama. 

"Saya dengan kapolres mempunyai suatu niat yang tulus membuat kegiatan yang baik untuk mewujudkan kedamaian antara kedua desa, mari kita menjaga keamanan dilingkungan kita sekarang, seperti halnya niat kami berdua Tulus untuk membuat Maluku yang aman dan damai," ujar Dandim.

Dengan adanya kamtibmas ini kita dapat melihat kedepan yang penuh dengan keharmonisan, kebersamaan dan kedamaian jangan lagi melihat kebalakang yang kelam dan sering beradu otot.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Maluku Tengah, Bpk. Marlattu Leleurry, Dandim 1504/Ambon, Letkol Inf Fendri Novyanto Raminta, Kapolres P. Ambon dan P.p Lease, AKBP Sutrisno Hadi Santoso, Kapolsek Leihitu Iptu D Ja'far Lessy, Camat Leihitu, Bpk. Amis Supaliu, Kepala Dinas Kesbangpol, Pejabat Bapak Raja Hitu ,Bpk Edwin Slamet, Bapak Raja Wakal, Ahadja Sunet dan serta ke dua tokoh masyarakat 20 Orang. (Pendam151)
Taman Kota Saumlaki Jadi Jiwa Baru Pariwisata di Tanimbar Taman Kota Saumlaki Jadi Jiwa Baru Pariwisata di Tanimbar Reviewed by Redaksional on 17:51:00 Rating: 5

Info Terbaru

Loading...
Powered by Blogger.