-->

Pemkot Ambon Masuk Evaluasi Tahap II Smart City 2023


AMBON, LELEMUKU.COM - Setelah sebelumnya pada Juni lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, mengikuti evalusi tahap I Smart City Tahun 2023, kali ini juga dilaksanakan kegiatan yang sama yakni Tahap II yang digelar secara virtual, yang dipusatkan pada Ruang Rapat Vlisingen, Balai Kota, Senin (13/11/23).

Untuk diketahui, kegiatan ini di buka oleh Asisten Administrasi Umum, Robert Sapulette, dengan peresentasi perkembangan smart city oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo Sandi), Joy Adriaansz, didampingi Manajer Ambon Music Office (AMO), Pierre Ajawaila, kepada tim Asessor yang terdiri dari Wiwin Sulistyo (Dosen UKSW), Ulung Pribadi (Dosen UMY), Mariam Fatima (IKTII), Supia Yuliana (Dosen UGM), Dudi Hermawan (Kementerian Keuangan).

Dalam presentasinya, Adriaansz mengungkapkan, guna memperbarui Kota ini menuju Smart City, dan melanjutkan proses evaluasi yang telah dilakukan di tahap I kemarin, maka  Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City Kota, gencar melaksanakan koordinasi.

“Kami melakukan forum smart city dalam bentuk rapat koordinasi secara luring melibatkan seluruh Dewan Smart City dan Tim Pelaksana. Aktivitas yang dilakukan itu antara lain; evaluasi dan koordinasi untuk pelaksanaannya serta master plan,” papar Adriaansz.

Selain itu disampaikannya, terdapat enam dimensi Smart City yang dibuat oleh Pemkot Guna mewujudkan Ambon yang smart. Diantaranya; Dimensi Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment.

Dijelasnkan pada dimensi yang pertama yakni, Smart governance terdapat 10 kegiatan yang terealisasi, sementara enam program sementara berjalan di Tahun ini.

“Sementara ini kami masih terus berjalan dengan beberapa program dan kegiatan diantaranya ASA (Ambon Satu Akses), Pengembangan Commend Center, SIMPEDA, Capil Terpadu, Sentra Layanan Perijinan, Aplikasi ASN,” sebutnya.

Selain itu, tambahnya, untuk Dimensi Smart Branding, sementra sedang dijalankan kegiatan Ambon City of Music, Harmoni Sudut Kota, Penetapan Lokasi Wisata, 10 Sekolah Pilot Project Kurikulum Music, (5 SD dan 5 SMP), serta program Inovasi Sound of Green (SoG)

“Sementara untuk Dimensi Smart Economy, Smart Living, Smart Society terdapat 12 kegiatan yang sementara berjalan hingga akhir tahun nantinya. Diantaranya; Dinas Pertanian 1 kegiatan, Dinas Indag 6 kegiatan, Dinas Perikanan 2 kegiatan, Dinas tenaga kerja 1 kegiatan. Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Orientasi TPK Kota Ambon, KB Mobile dan on the spot promotion. Ada pula Program Walikota Jumpa Rakyat 13 kegiatan, stunting 58 kegiatan, DP3AMD 1 Kegiatan, DPPKB 2 Kegiatan, Dinas Pendidikan 4 Kegiatan,” tandas Adriaansz.

Dirinya berharap, melalui evaluasi tahap II ini, penilaian Ambon Smart City semakin baik, sehingga kota ini dapat mempertahankan predikat yang disematkan. (DiskominfoAmbon)

Recent Posts

recentposts

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan Bawah Artikel